Amazon: Kindle Masih Produk Nomor Satu

Amazon: Kindle Masih Produk Nomor Satu

Pembaca elektronik Kindle 2 ditampilkan pada Amazon.com saat jumpa pers di New York, 9 Februari 2009. AP Photo/Mark Lennihan
TEMPO Interaktif, Jakarta - Amazon.com melaporkan pendapatan yang kuat untuk kuartal pertama tahun 2010, dengan laba bersih meningkat sebesar 46 persen menjadi US$ 7,13 miliar pada kuartal pertama 2010, dibandingkan dengan US$ 4,89 miliar pada kuartal pertama 2009. Amazon mengatakan Kindle tetap menjadi produk terlarisnya dengan jumlah buku yang tersedia untuk perangkat itu mencapai 500 ribu judul.

Pendapatan operasional meningkat 62 persen menjadi US$ 394 juta pada kuartal pertama, dibandingkan dengan US$ 244 juta pada kuartal pertama 2009. Laba bersih meningkat 68 persen menjadi US$ 299 juta pada kuartal pertama, atau US$ 0,66 per saham, dibandingkan dengan laba bersih US$ 177 juta atau US$ 0,41 per saham pada kuartal pertama 2009.

Amazon Kindle jelas menekankan penjualan Kindle dan statusnya sebagai produk utama mereka menanggapi persaingan potensial dari perangkat tablet Apple, iPad.

Amazon kemudian merilis applikasi iPad sendiri untuk Kindle, untuk bersaing dengan iBooks. Untuk kuartal ini, Amazon elektronik melaporkan bahwa penjualan Kindle dan merchandise lainnya tumbuh 72 persen menjadi US$ 3,51 miliar.

Kindle Store Amerika sekarang memiliki lebih dari 500 ribu buku, yang menurut Amazon mencakup 100 dari 111 buku terlaris New York Times, lebih dari 9.000 blog, dan lebih dari 175 surat kabar dan majalah besar Amerika dan internasional.

Amazon juga menyoroti keberhasilan dan ekspansi internasional Amazon Prime, produk berlangganan yang memberikan pelanggan gratis dua hari pengiriman segala sesuatu yang mereka beli dari Amazon. Amazon baru-baru ini dilaporkan meluncurkan promosi untuk memberikan semua pelanggan Amazon Prime sebuah Kindle gratis.

Dalam hal penjualan total, penjualan international, yang meliputi pendapatan dari situs Inggris, Jerman, Jepang, Prancis dan Cina perusahaan, adalah US$ 3,35 miliar, naik 45 persen dari kuartal pertama 2009. Penjualan di AS dan Kanada mencatat US$ 3,78 miliar untuk kuartal tersebut, naik 47 pertama dari kuartal pertama 2009.

Raksasa e-commerce itu juga baru-baru ini mengumumkan bahwa Kindle akan tersedia untuk dijual di toko Target. Dalam laporannya, CFO Amazon Tom Szkutak mengatakan visi untuk Kindle adalah memiliki semua buku yang pernah diterbitkan dan tersedia dalam semua bahasa.

TECHCRUNCH | EZ

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Jasa Fondasi Bore Pile BSD